Tips & Trik Mengerjakan Skripsi dengan Cepat

Created by: Astrita Kartika Rambu Mijuk, alumni PBI UMBY dengan masa studi 3 tahun 8 bulan.

Disclaimer: Artikel ini hanya dapat dibaca oleh mereka yang berjiwa kuat dan pantang menyerah akan dunia SKRIPSI yang menyerang.

Didalam dunia persilatan ini, alias pendidikan, tidak ada yang berhasil lulus tanpa mengerjakan skripsi. Skripsi sudah menjadi kitab yang wajib ditulis sebelum kamu menamatkan pendidikan di kampus tempat kamu belajar. Tapi permasalahnya, skripsi menjadi momok bagi banyak mahasiswa tingkat akhir. Banyak yang mengatakan skripsi itu sulit, capek, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya tidak akan menyusahkan dan capek kalau kamu punya trik-trik tertentu. Mau mengerjakan skripsi tapi tidak merasa terbebani? Yuk, lihat beberapa tips di bawah biar cepat lulus!

  • Buat deadline atau waktu target seberapa lama kamu akan menyelesaikan 1 bab

Menentukan target sangat penting agar kamu bisa tahu kira-kira kapaan skripsimu akan selesai. Kamu bisa mengerjakan 1 bab dengan jangka waktu 2 minggu misalnya. Hitunglah 2 minggu di kali dengan 5 bab yang akan kamu kerjakan. Sangat cepat bukan? Yah, meskipun bab 4 akan lebih memakan waktu. Tetapi setidaknya kamu sudah merencanakan waktumu dan jangan pernah memberi excuse pada dirimu sendiri. Tapi, jangan sampai kamu membuat deadline dengan mengerjakan 1 bab selama 2 bulan. Alamak, apa kata dunia??

  • Punyailah progress setiap minggunya

Ini merupakan tips yang penting sehingga kamu tidak bermalas-malasan dalam mengerjakan skripsi. Jangan menunggu target bulanan saja, tapi pastikan kamu memiliki sesuatu yang harus ditulis setiap minggunya. Ingat, lebih cepat skrispsi selesai, maka akan lebih baik hidupmu, dan lebih cepat ketemu mertua. Eh, lebih cepat ketemu orang tua, dong!

  • Luangkan waktumu beberapa jam sehari untuk mengerjakan skripsi

Saat menyusun skripsi, pastinya jadwal kuliahmu sudah tidak sepadat dulu. Jadi, waktu ini bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi. Bisa dengan membaca buku, melihat research yang sama, atau hal lain yang berkaitan dengan skripsimu. Kamu bisa mencari sumber-sumber bahan penelitian di beberapa library ini: Google Scholar, Library Genesis, Microsoft Academic, Eureka Pendidikan, Academia, Research Gate, dan OAPEN library. Apabila kamu tidak bisa mendownload file yang ada, asalkan file tersebut mempunyai DOI, kamu bisa menggunakan SCI-HUB untuk mendownloadnya. Salin saja DOI di kolom yang ada pada halaman SCI-HUB.

  • Berbagi pengalaman dengan teman

Saat menyusun skripsi, biasanya kita akan berkeluh kesah ketika bertemu teman sejawat. No, untuk saat ini jangan lakukan itu. Ceritakanlah tentang progressmu selama mengerjakan skripsi, atau menanyakan metode apa yang sekiranya cocok dengan penelitianmu. Berbagi cerita akan memamcumu untuk lebih cepat lagi dalam menyelesaikan skripsi. Terlebih lagi, jika ada salah satu temanmu yang sudah selesai. Kamu bisa bertanya padanya tentang cara ampuh untuk menyelesaikan skripsi.

  • Jangan malu meminta bimbingan orang lain

Mengerjakan skripsi dengan menanyakan kepada orang yang sudah menyelesaikan skripsinya adalah cara yang tepat. Kamu bisa menanyakan kakak tingkatmu, atau mungkin orang lain yang mempunyai penelitian yang sama denganmu. Mereka pasti akan menyarankan beberapa pilihan yang bisa kamu ambil untuk menyelesaikan skripsimu. Mungkin kamu bisa mendapatkan buku-buku yang mendukung penelitianmu. Yang pasti, jangan malu meminta bimbingan orang lain sehingga skripsimu akan selesai dengan cepat. Malu bertanya, skripsinya lama. Serem!!

  • Rajin bimbingan ke dosen pembimbing

Rutin melakukan bimbingan akan sangat membantu saat mengerjakan skripsi. Mintalah waktu untuk berdiskusi dengan dosen pembimbingmu setidaknya 1 kali dalam seminggu. Jangan lebih dari itu, dosen juga punya kesibukan sendiri, loh! Tapi, satu hal yang harus kamu ingat, kalau soal bimbingan, kejarlah dosenmu dimanapun ia berada. Apalagi soal tanda tangan, kejarlah dosenmu, kisanak! Entah itu di rumah, di kantor, atau mungkin kondangan. Jangan ragu demi ketemu jodoh lebih cepat.

  • Jangan suka buang-buang waktu

Ini yang selalu menjadi kebiasaan mahasiswa, suka membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Akan lebih baik jika kamu fokus menyelesaikan skripsi dulu, setelah itu kamu bisa dengan bebas melakukan apapun yang kamu suka. Hindarilah berpikiran “ah, masih lama”. Ingat, ucapan adalah doa. Jadi sebisa mungkin jangan berkata sembarangan, jangan-jangan malah kamu dilamakan dalam mengerjakan skripsi. Wah, dilewatin adik tingkat dong! Ya ampun, kakak!

  • Jangan hiraukan kata orang

Pasti akan ada orang di sekitamu yang berkata, “ngapain sih cepat-cepat, masih banyak waktu.” Kalau kamu mendengarnya, hiraukan saja. Anggap saja kucing mengeong, kamunya biasa saja. Jangan sampai kamu terpancing dengan kata-kata seperti itu, hal tersebut hanya akan membuatmu bermalas-malasan untuk mengerjakan skripsi karena masih banyak waktu. Mau jadi mahasiswa legend?

  • Ingatlah orang yang penting untukmu

Terkadang ada waktu dimana kamu merasa tidak sanggup lagi untuk mengerjakan skripsi. Tetapi ingtalah orang tuamu yang selalu mendukung dan memberimu semangat setiap saat. Jangan sia-siakan kerja keras mereka selama ini. Banyak teman-temanmu yang kurang beruntung, yang tidak dapat merasakan bangku kuliah karena berbagai hal. Oleh karena itu, bersyukurlah dan terus berusaha sampai cita-citamu tercapai. Kalau bisa wisuda sekarang, kenapa harus nanti? Gimana nih, sudah siapkah ketemu calon mertua? Selesaikan dulu skripsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *