Meningkatkan Literasi Membaca Mahasiswa PBI UMBY

20 Desember 2019, Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan kegiatan general lecture yang bertempat di Kampus 1 UMBY dan mengusung tema ‘Exploring the world through the love of literacy”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya literasi di dunia pendidikan Indonesia yang dihadiri 80 mahasiswa PBI, 5 mahasiswa universitas lain, dan 6 dosen PBI. PBI UMBY mengundang seorang pembicara yang kecintaan di bidang literasi yaitu Ms. Yuseva Ariyani I., M.Ed. Ms. Yuseva  adalah dosen di Universitas Sanata Darma dan sedang menempuh kuliah di Ohio State University.

Mengusung tema kecintaan terhadap literasi dikarenakan Mendikbud Nadiem Makariem menilai Indonesia sedang mengalami krisis literasi (RadarBekasiID), oleh karena itu PBI UMBY ingin mahasiswa PBI sadar pentingnya literasi di dunia pendidikan sekarang. Ms. Elysa hartati., M.Pd selaku kaprodi PBI UMBY mengatakan bahwa “kegiatan ini kami adakan dikarenakan mahasiwa sekarang masih minim pengetahuan pentingnya literasi di zaman sekarang dan saya inginkan mahasiswa PBI UMBY ikut adil dalam meningkatkan literasi di dunia pendidikan Indonesia.

Ms. Yuseva Ariyani I., M.Ed berbagi pengalaman tentang literasi baca yang membawanya bisa mendapatkan beasiswa fulbright di Ohio State University. Kegiatan ini membuat mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dan berbagi pengalaman mereka terkait kegiatan literasi. Selain itu, pembicara memberikan buku english bagi mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan beliau. Buku english diberikan agar mahasiswa memotivasi baca dan menghilangkan rasa malas untuk membaca. Dengan membaca mahasiswa bisa berkontribusi memajukan pendidikan di Indonesia agar lebih baik, menurut Ms. Yuseva Ariyani I., M.Ed.

Setelah berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang literasi, pembicara mengajak mahasiswa untuk memotivasi diri untuk membaca buku dan memberikan solusi untuk menghilangkan rasa malas membaca. Setelah itu, mahasiswa dan dosen PBI diajak foto bersama dengan pembicara dan memberikan bingkisan berupa buku kepada kaprodi dan mahasiswa PBI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *