Adakan ToT Classroom Language Training PBI UMBY Dukung Penuh Sekolah Warga Solo Untuk Go Internasional

Superb! Satu kata untuk menggambarkan program Training of Trainer: Classroom Language Training yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (PBI UMBY) untuk SMP Warga Surakarta.

ToT yang dilaksanakan selama kurang lebih empat bulan merupakan program kerjasama antara PBI UMBY dengan SMP Warga Surakarta dengan tujuan meningkatkan ketrampilan guru-guru menggunakan Bahasa Inggris dalam proses belajar-mengajar sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah berwawasan internasional. Hal ini selaras dengan tujuan dari sekolah tersebut yaitu menghantarkan siswa menjadi manusia yang mampu menghadapi tantangan global.

Elysa Hartati, M.Pd., Ketua Program Studi PBI UMBY menyampaikan bahwa kegiatan ToT Classroom Language Training untuk SMP Warga ini adalah wujud nyata dari eksitensi C-TALL (Center of Technology Assisted Language Learning) yang merupakan pusat inovasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris milik PBI UMBY. “Masa depan menginginkan SDM yang memiliki kompetensi information and communication technology literacy. Adalah tugas sekolah untuk menerapkan pembelajaran berbasis teknologi dan berbahasa Inggris. C-TALL hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dan siap berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk mewujudkannya, “tambahnya.

ToT Classroom Language Training yang dimulai pada bulan Agustus dan berakhir tanggal 12 November 2022, diikuti oleh 31 guru SMP Warga Surakarta dilaksanakan dengan metode hybrid learning yaitu pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran daring dengan tatap muka. Salah satu guru, Edi Siswoyo, S.Si. mengakui bahwa materi dan metode pembelajaran yang digunakan sangat luar biasa dan sesuai dengan kebutuhan para guru sehingga yang pada awalnya belum menguasai Bahasa Inggris sekarang mampu menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Dengan manfaat yang dirasakan setelah mengikuti ToT ini, Kepala Sekolah SMP Warga Surakarta, Budi Prabowo, S.T., S.Kom. menegaskan bahwa pihak sekolah menghendaki kerjasama ini berlanjut melalui ToT tahap dua yang menfokuskan pada pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these