FKIP Building UMBY, Jl. Wates KM 10
+62 85641855367

Launching CTALL

Launching C-TALL

Sabtu (4/1/2020) di tengah digelarnya PBI Awards 2020 oleh program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) secara resmi telah meluncurkan produk terbarunya yaitu C-TALL (Center of Technology Assisted Language Learning). 

Diresmikan secara langsung oleh Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M. dengan didampingi oleh Wakil Dekan FKIP, Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A. dan Kaprodi PBI, Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., C-TALL pun resmi diluncurkan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali.

“Saya berharap C-TALL ini bisa menjadi tempat untuk belajar, khususnya bahasa Inggris, dengan media yang asyik berbasis teknologi seiring dengan perkembangan era revolusi 4.0. C-TALL bisa dimanfaatkan oleh siapa pun nantinya yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris karena keterampilan berbahasa Inggris sangat penting di era globalisasi.”, ungkap Bu Alin, Rektor UMBY, begitu sapaan hangatnya.

Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., menambahkan bahwa C-TALL merupakan pusat  pembelajaran Bahasa dengan basis teknologi dari berbagai macam platform (Artificial IntelligenceI, Virtual Reality, Augmented Reality, Website, dan lain-lain) dan baru pertama kali ada di Indonesia. C-TALL dimiliki oleh PBI UMBY yang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran bahasa menjadi lebih bermakna, efektif, dan dinamis.

Visi didirikannya C-TALL ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kemampuan berbahasa dengan teknologi terkini dengan acuan aktivitas sesuai pembelajaran abad 21 (kolaborasi, berpikir kritis, komunikasi, kreativitas).  Sedangkan misinya adalah (1) menyediakan fasilitas dan pendampingan bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa secara mandiri maupun mengadakan penelitian tentang pembelajaran bahasa; (2) mengadakan lokakarya dan pelatihan bagi masyarakat (khususnya guru, dosen, mahasiswa, dan peneliti); (3) menciptakan metode pembelajaran dan pengajaran bahasa yang lebih menarik, dinamis, efektif, dan bermakna; (4) mengenalkan teknologi pembelajaran bahasa yang lebih terkini; dan (5) mengadakan penelitian dan pengembangan tentang pembelajaran dan pengajaran Bahasa dengan menggunakan teknologi.

Sukses C-TALL. PBI UMBY Lebih Baik!