FKIP Building UMBY, Jl. Wates KM 10
+62 85641855367

Public Speaking Workshop

IMG-20160530-WA0013Diadakan pada hari Minggu (29/5) oleh PBI UMBY, Public Speaking Workshop yang dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang seperti PT Viola Global, mahasiswa UST, UMM, STIPARY, dan pelajar SMA/Sederajat di DI Yogyakarta  berlangsung meriah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FKIP UMBY, Wafit Dinarto; kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Restu Arini yang merupakan Kaprodi PBI UMBY. Paparan selama kurang lebih 1 jam mengenai konsep dasar Public Speaking; definisi ,tujuan dan manfaat; kesalahan umum dalam Public Speaking; dan tips bagaimana tampil sebagai Public Speaker yang memikat. ” Memiliki kemampuan berbicara di depan umum menumbuhkan kepercayaan diri, mendukung kepemimpinan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta melatih kemampuan menyampaikan ide/pemikirankepada orang banyak dengan efektif dan respektif. Yang terpenting, mampu berbicara di depan khalayak adalah tuntutan hampir semua profesi, termasuk pelajar dan mahasiswa.”

Selain teori Public Speaking, ada juga sesi olah vokal yang dipandu oleh Wery Yeni Wiyanti, mahasiswa  PBI UMBY. Selama 10 menit, peserta belajar artikulasi vokal dan teknik pernafasan dengan benar supaya bisa memproduksi suara yang jernih.

Antusiasme peserta sangat terasa ketika mereka dibagi dalam kelompok kecil terdiri dari tujuh sampai delapan orang dan diberi kesempatan mempraktekkan teori yang baru saja mereka dapatkan dengan didampingi trainer yang merupakan dosen dan asisten dosen PBI UMBY: Agustinus Hary Setyawan, Elysa Hartati, Milla Nurvita, Putri Praciana, dan Rizqy Sabrina.Tidak hanya itu, peserta diberikan kesempatan tampil sekali lagi untuk mempresentasikan materi yang telah disiapkan panitia. Di akhir praktekkelompok, tariner memberikan masukan atau feedback untuk peserta. Usai sesi praktek, MC meminta tiga orang menunjukkan kebolehannya berbicara di depan seluruh peserta. Keriuhan acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta, trainer, dan panitia. (Milla/140616)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *