FKIP Building UMBY, Jl. Wates KM 10
+62 85641855367

Untari Setyowati: Masuk PBI UMBY dari Impian Menjadi Tour Guide dan Broadcaster

Nama saya Untari Setyowati, biasa di panggil Untari atau Tari, lahir pada tanggal 27 Juni 2002 di Magetan, Jawa Timur. Anak terakhir dari 4 bersaudara. Ibu saya bernama Kartinah dan bapak saya bernama Kusnomo, beliau meninggal ketika saya berusia 2 tahun, jadi saya tidak ingat apa-apa tentang beliau kecuali dari cerita ibu dan orang-orang terdekat.
Sewaktu SD, SMP saya bersekolah di sekolah negeri, tetapi ketika memasuki jenjang SMA, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya di SMA jurusan IPA yang berbasis kepondokan. Sebenarnya saya tidak memiliki niatan untuk mondok tetapi ibu saya tidak bisa menyekolahkan saya di SMA negeri dengan alasan ekonomi. Jadi saya ditawari untuk lanjut ke pondok. Di pondok saya belajar banyak hal baru. Mulai dari belajar membaca Al Quran dengan benar, belajar menutup aurat dengan benar, belajar tentang sunnah-sunnah Rasulullah SAW dan banyak lagi.
Saat kelas 7 saya sangat menyukai boyband asal London yaitu One Direction. Hal itulah yang membuat saya mulai menyukai Bahasa Inggris hingga detik ini. Saya sangat berusaha keras dalam mata pelajaran tersebut. Hingga saat memasuki jenjang perguruan tinggi saya memilih untuk mengambil Prodi Bahasa Inggris.
Saya bukanlah orang yang aktif dalam berorganisasi, walaupun saya tau bahwa berorganisasi dapat membantu saya dalam berpikir lebih luas. Tetapi saya termasuk orang yang introvert, sehingga saya lebih menyukai belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dari lingkungan sekitar atau dari pengalaman kehidupan saya sendiri. Saya juga tidak banyak mengikuti kompetisi-kompetisi yang bisa memberikan saya sertifikat dan piala. Saya pernah sekali mengikuti organisasi santri yaitu OSMA saat di pondok, karena jumlah murid yang terbatas, saya dipercaya merangkap 3 jabatan sekaligus yaitu, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara.
Saya suka belajar hal-hal baru. Dan Alhamdulillah, mulai semester 1 sampai semester 4 ke depan, saya masuk seleksi beasiswa belajar 2 tahun “Access Microscholarship Program” yang ditawarkan oleh Regional English Language Office (RELO), United State of America (USA). Di program tersebut saya belajar bahasa Inggris, budaya Amerika, dan kepemimpinan yang dikelola oleh Indonesian International Education Foundation (IIEF).

Saya banyak memiliki hobi-hobi baru ketika masa pandemi seperti memasak, bermain piano, mengedit, dan jogging. Saya memiliki cita-cita ingin menjadi tour guide suatu hari nanti, karena saya suka bertemu dengan orang-orang baru. Saya juga ingin mencoba semua hal yang bisa membawa saya pergi ke luar negeri untuk bersekolah ataupun sekedar mampir beberapa hari. Saya juga tertarik dalam hal penyiaran, sehingga saya berpikir untuk mencoba bekerja dalam bidang tersebut suatu hari nanti. Saya menyukai melakukan hal-hal yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *