Mahasiswa Kampus Mengajar dari PBI UMBY Berikan Workshop Pemanfaatan Teknologi untuk Guru

Salah satu tugas dari mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar dari Kemendikbud Ristek adalah adaptasi teknologi; mengenalkan teknologi dalam pemanfaatannya untuk pembelajaran. Rizal Firman Hidayat, salah satu mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang mengemban tugas sebagai mahasiswa Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Yogyakarta mengisi kegiatan “Workshop Optimalisasi Pemanfaatan Google Workspace dan Kahoot! untuk Pembelajaran” pada hari Kamis (18/11/2021). Acara ini merupakan kerja sama antara pihak sekolah dengan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 yang ada di sekolah tersebut.

Kegiatan ini berlangsung secara luring dengan protokol kesehatan di Aula SMP Negeri 3 Yogyakarta dengan diisi 3 Narasumber yakni Ajik Susanto S.Si., Sapta Sigit Waskito S. Si., dan Rizal Firman Hidayat sebagai perwakilan dari salah satu mahasiswa kampus mengajar angkatan ke – 2.

Pemateri pertama, yaitu Pak Ajik memberikan materi perihal Literasi dan Numerasi. Pak Ajik menjelaskan bahwa banyak strategi yang dapat digunakan untuk penerapan Literasi dan Numerasi ini yang akan diimplementasikan dalam soal – soal Penilaian Akhir Semester. Semua mata pelajaran dapat menyisipkan soal – soal terkait Literasi dan Numerasi.

Dilanjutkan pemateri kedua yang dibawakan oleh Pak Sigit membahas perihal penggunaan Team Viewer dan juga penggunaan google sites untuk pembelajaran. Penggunaan Team Viewer ini bertujuan agar para guru dapat mengoperasikan aplikasi ini dan tahu tujuan dari materi Team Viewer ini. Aplikasi tersebut dapat mengoperasikan Laptop dari jarak jauh, jadi ketika ada guru yang kesulitan dapat meminta bantuan ke guru lain dengan menggunakan aplikasi Team Viewer ini. Lalu, Google sites dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran. Siswa dapat mencari materi pembelajaran pada google sites yang telah dibuat para guru. Jadi, ketika akses google sites ini, tidak ada iklan yang mengganggu sehingga siswa dapat membuka materi tanpa ada gangguan yang lainnya.

Terakhir, salah satu perwakilan mahasiswa kampus mengajar angkatan ke – 2 yakni Rizal Firman Hidayat yang merupakan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta memberikan materi tentang penggunaan Kahoot! sebagai media pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini dilaksanakan agar para guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Para Guru dari SMP Negeri 3 Yogyakarta sangat termotivasi menerima ilmu – ilmu baru khususnya pada penggunaan Kahoot! sebagai media pembelajaran. Pada kegiatan ini, Bapak dan Ibu guru diberikan materi dasar tentang Kahoot! dan langsung praktik agar para guru dapat mempraktikannya dan juga dapat mengimplementasi dalam pembelajaran di kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these