PBI UMBY Adakan PBI SPARK, Implementasi Mata Kuliah Berbasis OBE

Setelah sukses menggelar PBI Spark 2020 yang diikuti oleh 99 peserta didik yang berasal dari usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar, kali ini Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali hadir dengan PBI Spark 2022. PBI Spark 2022 atau PBI English Program for Kids ini dilaksanakan di sekolah antara lain SD Negri 1 Pedes, Argomulyo, Bantul dan TK Islam Tunas Melati Yogyakarta.

Acara PBI Spark 2022 yang bertajuk “Back to School Program” ini merupakan implementasi dari luaran mata kuliah Teaching English for Young Learners di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

Hal ini selaras seperti diungkapkan Wakil Dekan FKIP UMBY, Agustinus Hary Setyawan, S.Pd.,M.A. bahwa kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Outcome-Based Education.

“Kegiatan PBI Spark 2022 merupakan salah satu implementasi Outcome-Based Education di Perguruan Tinggi,” ucapnya

Dosen pengampu TEYL Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd.,M.Hum menyampaikan, dengan diadakannya PBI Spark 2022 ini, mahasiswa akan mengalami bagaimana penerapan teori dan praktek mengajar di ruang kelas ke kondisi pembelajaran yang sesungguhnya.

“diharapkan mahasiswa mampu menarik hasil refleksi dari apa yang sudah mereka lakukan di real setting untuk dijadikan bekal untuk pengalaman mengajar mereka selanjutnya,” ungkapnya

Mahasiswa PBI UMBY berkesempatan untuk mengajar Bahasa Inggris kepada siswa-siswi kelas 2 sampai kelas 6 di SD Negeri 1 Pedes dan TK B di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta.

Subandiyah, S.Pd AUD sebagai Kepala Sekolah TK Islam Tunas Melati Yogyakarta mengatakan, rasa terimakasihnya dengan adanya kegiatan PBI Spark 2022 ini. Dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswi tidak hanya belajar Bahasa Inggris saja akan tetapi juga melatih rasa kepercayaan diri mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan PBI Spark 2022 ini. Dengan kedatangan para mahasiswa sebagai pengajar, siswa-siswi di TK Islam Tunas Melati tidak hanya belajar Bahasa Inggris saja akan tetapi juga melatih rasa kepercayaan diri mereka untuk berinteraksi dengan orang lain” ucapnya.

(Sumber : https://mercubuana-yogya.ac.id/berita-7340-pbi-spark-umby-implementasi-mata-kuliah-berbasis-obe- )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these