PBI UMBY Uji Kemampuan Bahasa Inggris melalui UNECOST 2019

Dalam rangka Dies Natalis ke-33 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), dimeriahkan dengan diselenggarakan UNECOST 2019 (UMBY National English Competition for Students), Senin (16/12/19) oleh prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Kompetisi nasional bahasa Inggris ini berhasil menarik antusiasme siswa/siswi SMA sederajat. Para peserta tidak hanya datang dari kota Yogyakarta namun juga dari daerah lain seperti Kulon Progo, Bantul, Sleman, bahkan dari daerah lain seperti Boyolali dan Sidoarjo (Jawa Timur) dan Sukoharjo (Jawa Tengah). Sebanyak 70 peserta yang terdiri dari kelompok dan individu turut berpartisipasi menyemarakkan lomba yang diadakan di auditorium kampus 3 UMBY.

Tema lomba UNECOST yakni The Portrait of Indonesia dan Indonesia Shine. Seluruh peserta yang mengikuti kompetisi bahasa Inggris nasional ini tampak sungguh-sungguh menyiapkan performa mereka yang tampak jelas terlihat dari keseriusan dan juga semangat yang mereka perlihatkan mulai dari babak pertama hingga babak top 5.

Acara berlangsung kian semarak dengan dihadirkannya beberapa juri dari berbagai kampus yang ada di DIY seperti Estri Oktarena Ikrarini, S. S., M.A. (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa), Nugraha Krisdiyanta, S.Pd., M.Hum. (Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Yogyakarta), Agnes Tika Setiarini, M. Sn. (Institut Seni Indonesia Yogyakarta), dan juga 3 dosen dari program studi PBI UMBY yaitu Agustinus Hary Setyawan, S.Pd., M.A., Lucyana Dorothea, S.Pd., M.Hum dan Yudhanita Pertiwi, S. S., M.A. Tak berhenti disitu, antusiasme para peserta untuk menampilkan kemampuan berbahasa Inggris dalam bidang public speaking, story telling, singing, poem reading, monologue dan short drama patut diapresiasikarena mereka semua telah menampilkan usaha yang sangat baik.

SMA Unggulan CT Arsa Sukoharjo berhasil keluar sebagai pemenang ketiga dan kedua dalam kategori story telling dan short drama sementara peringkat pertama diduduki kelompok short drama dari SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. SMA N 2 Ngaglik berhasil menarik perhatian seluruh juri dan juga tamu yang berada di auditorium dengan cerita yang dibawakan mengenai sikap toleransi dan cinta tanah air Indonesia. Di kategori talent show, peringkat ketiga diduduki oleh peserta dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kategori speech, peringkat kedua datang dari SMA STELLA DUCE 2 Yogyakarta kategori yang sama dan peringkat pertama berhasil diraih oleh siswa yang berasal dari SMA 3 Sidoarjo karena berhasil memikat juri lewat speech yang dibawakan. Masing-masing pemenang lomba diberikan throphy dan uang tunai sebagai bentuk penghargaan dan kerja keras mereka.

“UNECOST hadir sebagai wadah kompetisi berbahasa Inggris bagi siswa/siswi SMA sederajat seluruh Indonesia, sehingga harapannya dapat membuat siswa/siswi SMA sederajat menjadi aware dengan isu-isu yang ada di Indonesia terlebih terkait dengan hal-hal yang dapat memecah kesatuan Indonesia dan juga jati diri bangsa Indonesia,” jelas Restu Arini S.Pd., M.Pd. selaku dosen pendamping acara UNECOST.

Ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., juga berharap UNECOST bisa menjadi ajang kreativitas insan muda dalam mengembangkan potensi dirinya. Lomba-lomba yang ada harapannya tidak sekedar untuk menjadikan suatu kompetisi mendapatkan kejuaraan tetapi lebih pada pengembangan diri untuk berkreasi dan mengasah keterampilan khususnya dalam berbahasa Inggris. PBI UMBY sendiri ingin menjadi saksi terciptanya kreativitas anak-anak muda di Indonesia dengan berbagai bakat yang dimiliki. PBI selalu berharap bisa menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang bisa menggali potensi-potensi yang dimiliki setiap siswa maupun mahasiswa sebagai global actors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these